Senin, 08 Juni 2015

BERTANI JERUK SAMBIL ENDURO


Area enduro di Karawang yang sangat terkenal adalah Kuta Tandingan, area yang wilayah utaranya di batasi oleh Kawasan Industri KIIC, KIM dan Surya Cipta. Selatannya waduk Jatiluhur, Timurnya di batasi kalimalang, baratnya jalan raya pangkalan.

Kuta tandingan menjadi area favorit bagi pecinta garuk tanah baik roda 2 maupun roda 4. Area milik Perum Perhutani ini lokasi jalanannya masih full off road, ada jalanan berbatu, selebihnya jalan tanah yang saat hujan benar-benar berlumpur.

Selain asik untuk garuk tanah, lokasi ini menyimpan potensi ekonomis yang lumayan menjanjikan. Area yang pada awalnya adalah hutan belantara saat ini di fungsikan sebagai area perkebunan masyarakat.


Untuk masyarakat di Kuta Tandingan ini mayoritas berkebun Jeruk. Alasan jeruk yang banyak di tanam karena Jeruk merupakan pohon buah yang tahan banting, perawatannya gak rewel cukup mengandalkan air hujan.

Sedikit bocoran seputar sewa garap kebun, sewa garap kebun di sekitar Kuta Tandingan terutama yang dekat dengan Jatiluhur dan Pangkalan harganya masih relatif murah, untuk kebun yang masih kosongan (belum di tanami jeruk) kisaran harga oper garap antara 5-7.5 juta per hektar, kalau sudah isi (berbentuk kebun jeruk) kisaran harga 25-40 juta per hektar.

Untuk panen perhektar bisa menghasilkan sekitar 10 ton, kalau harga per kilo sekitar Rp. 3.000 (harga di lokasi) BEP bisa dalam sekali panen, lumayan kan?

Yang awalnya enduro sambil bertani jeruk nantinya bisa kebalik jadi bertani jeruk sambil enduro.


2 komentar: